Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelasakan Materi Dan Teknik Pembuatan Seni Patung?

Untuk membuat sebuah patung ada beberapa materi dan metode yang digunakan. Berikut ini beberapa di antaranya.
1) Bahan Keras
Salah satu materi yang digunakan untuk membuat patung yakni materi keras. Bahan keras sanggup berupa kayu, kerikil cadas atau andesit, logam, gading, tulang, dan tanduk. Teknik yang digunakan untuk membuat patung denganbahan keras yakni dengan metode pahat, kecuali materi yang terbuat dari logam. Sementara untuk membuat patung dengan materi keras yang terbuat dari logam menyerupai perunggu, kuningan, emas, perak, tembaga, besi sanggup dilakukan dengan metode cor (bivalve dan a cire perdue), tempa, patri, dan las tuang.

2) Bahan Plastis
Bahan lunak yang sanggup digunakan untuk membuat patung antara lain tanah liat, semen, plastisin, lilin, bubur kertas, sabun, dan gips. Patung dari materi plastis sanggup dibentuk dengan metode membentuk, membutsir, mencetak, modelling, coiling, pijit, dan slabing.

b. Bentuk dan Wujud Seni Patung
Berikut ini beberapa bentuk dan wujud patung.
• Bagian kop ialah pembuatan patung yang spesialuntuk menggambarkan bab kepala.
• Bagian buste ialah pembuatan patung yang menggambarkan bab dada atau bentuk
    dada dan kepala.
• Bagian torso ialah pembuatan patung yang menggambarkan bab badan.

c. Teknik Membuat Patung
Dalam membuat patung seorang seniman sanggup membuat patung dengan banyak sekali metode bergantung pada materi dan keahlian yang dimilikinya. Teknikmetode tersebut antara lain metode mengecor, modelling, dan konstruktif.

1) Teknik Mengecor
Teknik mengecor atau mencetak yakni metode yang digunakan kalau media yang digunakan bersifat cairan. Sebelum mengecor seorang pematung harus membuat cetakan terlebih lampau. Untuk mendapat cetakan, pematung harus membuat model patung jadi atau model positif, setelah itu pematung membuat cetakan negatif. Bahan yang digunakan untuk membuat patung tidak sama dengan materi untuk membuat cetakannya. misalnya, kalau materi yang digunakan untuk membuat patung yakni logam, maka materi untuk membuat cetakannya yakni gips atau tanah liat.

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat cetakan yakni bab yang satu dengan bab yang lain diusahakan tidak terkunci. Ada dua jenis cetakan metode mengecor patung dengan memakai cetakan, yaitu bivalve dan a cire perdue. Bivalve yakni metode mengecor dengan cetakan yang sanggup di bongkar pasang. Teknik ini digunakan untuk mendapat hasil dalam jumlah banyak dengan model yang sama. Sementara metode a cire perdue digunakan spesialuntuk untuk mendapat satu hasil, biasanya cetakannya terbuat dari materi yang simpel dipecahkan menyerupai dari tanah liat.

2) Teknik Modeling
Teknik modelling yakni metode membuat suatu bentuk dengan cara memijit, meremas, dan membentuk sesuai bentuk yang diinginkan. Bahan yang dipergunakan dalam pembuatan metode ini yakni materi yang bersifat plastis menyerupai tanah liat, plastisin, lilin, dan bubur kertas.

3) Teknik Konstuktif (Menempel)
Tenik melekat yakni metode membuat patung dengan cara menempelkan bab yang satu dengan bab yang lain bertahap sehingga menjadi sebuah karya patung. Bahan yang dipergunakan bervariasi, sanggup tanah liat, lilin,logam, dan bubur kertas.
Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Jelasakan Materi Dan Teknik Pembuatan Seni Patung?"