Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan Pentingnya Perilaku Keterbukaan Dalam Pemerintahan Demokrasi.?

 pentingnya perilaku keterbukaan tersebut, yakni sebagai diberikut

a. Kekuasaan intinya cenderung diselewengkan. Semakin besar kekuasaan, semakin besar pula kemungkinan terjadinya penyelewengan kekuasaan. Pada umumnya penyelewengan kekuasaan
tersebut terjadi dan semakin merajalela apabila tidak ada keterbukaan dalam penyelenggaraan
pemerintahan. Itulah sebabnya negara-negara demokratis sangat menekankan pentingnya keterbukaan dalam penyelenggaraan pemerintahan.

b. Dasar penyelenggaraan pemerintahan di negara demokratis ialah dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Oleh lantaran itu, kedudukan pemerintah di negara demokratis pada hakikatnya ialah sebagai pihak yang dipilih oleh rakyat untuk membuat kesejahteraan rakyat. Karena itu, aneka macam aturan aturan di negara demokratis, sebisa mungkin diusahakan ada keterbukaan dalam penyelenggaraan pemerintahan. Itu dilakukan untuk menjamin bahwa jalannya pemerintahan senantiasa berada di jalur yang benar, yaitu untuk membuat kesejahteraan rakyat.b. Dasar penyelenggaraan pemerintahan di negara demokratis ialah dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Oleh lantaran itu, kedudukan pemerintah di negara demokratis pada hakikatnya ialah sebagai pihak yang dipilih oleh rakyat untuk membuat kesejahteraan rakyat. Karena itu, aneka macam aturan
hukum di negara demokratis, sebisa mungkin diusahakan ada keterbukaan dalam penyeleznggaraan pemerintahan. Itu dilakukan untuk menjamin bahwa jalannya pemerintahan senantiasa berada di jalur yang benar, yaitu untuk membuat kesejahteraan rakyat.

c. Keterbukaan memungkinkan adanya jalan masuk bebas bagi setiap masyarakat negara terhadap aneka macam sumber informasi. Hal itu akan menimbulkan masyarakat negara mempunyai pemahaman yang jernih terkena aneka macam hal berkenaan dengan penyelenggaraan pemerintahan. melaluiataubersamaini pemahaman yang jernih tersebut, pada gilirannya masyarakat negara akan bisa berpartisipasi aktif dalam memengaruhi agenda publik.

Keterbukaan ialah prasyarat mutlak bagi adanya partisipasi yang konstruktif dan rasional.Makna keterbukaan menjadi sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. Oleh lantaran itu, tidak mengherankan apabila dalam teori demokrasi, penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka dan bertanggungjawaban ialah salah satu unsur di antara empat unsur utama pemerintahan demokrasi.
Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Jelaskan Pentingnya Perilaku Keterbukaan Dalam Pemerintahan Demokrasi.?"