Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian-Pengertian . Kebugaran Jasmani

1. Kebugaran jasmani (physical fitness) secara umum dapat
diartikan sebagai kesanggupan dan kemampuan badan untuk menjalankan tugas/kerja yang dibebankan kepadanya tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan sehingga ia masih memiliki cadangan tenaga untuk menjalankan kiprah diberikutnya.

2. Kekuatan yakni tenaga kontraksi otot yang dicapai dalam sekali perjuangan terbaik. Usaha terbaik ini dilakukan oleh otot untuk mengatasi suatu tahanan.

3. Bentuk-bentuk tes kekuatan: push-up, sit-up, back-lift, dan lain-lain.

4. Kecepatan sanggup diartikan sebagai kemampuan berpindah daerah dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

5. Bentuk-bentuk tes kecepatan: lari menaiki tangga, lari menuruni tangga, lari cepat, dan lain-lain.

6. Endurance atau daya tahan yakni kemampuan seseorang melakukan gerak dengan seluruh tubuhnya dalam waktu yang cukup usang dan dengan tempo sedang hingga cepat tanpa mengalami rasa sakit dan kelelahan berat.

7. Daya tahan dibagi dua yaitu daya tahan otot setempat atau muscular endurance (local endurance) dan tes endurance pada umumnya (cardiorespiratory endurance).

8. Kelentukan yakni keleluasaan gerakan terutama pada otot persendian. Tujuan tes kelentukan atau fleksibilitas yakni semoga otot-otot sendi tidak kaku dan sanggup bergerak dengan leluasa tanpa ada gangguan yang berarti.

9. Tes yakni suatu instrumen yang dipakai untuk mendapat suatu gosip ihwal individu atau objek-objek. Sedangkan pengukuran yakni suatu proses pengumpulan informasi. Evaluasi yakni proses penentuan nilai atau harga dari data yang terkumpul.


Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Pengertian-Pengertian . Kebugaran Jasmani"