Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Seni Rupa Beserta Alat Dan Bahan

Pengertian seni rupa Beserta alat dan Bahan

 Pengertian seni rupa Beserta alat dan Bahan Pengertian seni rupa Beserta alat dan Bahan
Pengertian seni rupa

Pengertian seni rupa

Pengertian seni rupa Beserta alat dan Bahan - Sebelumnya apa sih itu seni rupa? Nah seni rupa ialah cabang seni yang sanggup ditangkap oleh mata dan sanggup dirasakan oleh indra peraba mirip tangan. Apakah dirumah anda terdapat lukisan? Lukisan biasanya dipakai untuk menghias dingding tapi apakah engkau tahu bahwa lukisan termasuk seni rupa?ya lukisan termasuk seni rupa dua dimensi dan ada juga seni rupa tiga dimensi mirip patung ya mitra kawan. Nah diberikut ialah alat dan materi seni rupa dua dimensi diantaranya :
a) pensil
Pensil ialah alat yang dipakai untuk menggambar atau membuat bagan awal lukisan yang terbuat dari grafit.
b) pena
Penggunaan pena untuk menggambar sudah digunaakan semenjak era pertengah,garis yang dibuat pena lebih tebal daripada pensil.
Berikut ini beberapa jenis pena yang ada disekitar kita :
1. Pena bambu,pena ini sanggup dibuat dan diatur sendiri bentuk ketebalan ujungnya yang dipakai untuk menghasilkan goresan.
2.pena bulu,adalah apabila bulu itu memang sudah lepas dari binatangnya(ayam angsa dan sebagainya)
3.pena batang,seperti halnya pena bulu pena ini pun berasal dari ranting atau batang pohon.
4.pena logam,pena logam sudah umum dipakai dan sanggup dibeli ditoko.tebal tipisnya garis yang dihasilkan pena ini tergantung dari bentuk ujung pena nya.
b)kuas
Kuas ialah alat pokok dalam menggambar selain pena dan pensil. Kualitas kuas tersebut sanggup ditentukan oleh kualitas bulu dan metode pencengkraman pada gagang nya.
c) Arang
Arang ialah barang yang paling simpel didapat alasannya ialah arang sanggup dibuat sendiri. Arang yang dijual dipamasukan biasanya Arang batangan,arang pensil,arang serbuk,dan arang cetak atau press.
d) pastel
Pastel ialah media yang mirip kapur tulis tetapi dibuat dengan pigmen warna dicampur dengan zat pengikat berupa resin dan plaster.
e) Tinta
Pada ketika ini tinta gambar dibuat dari pigmen warna, shellsc dicampur air,sedangkan pada zaman lampautinta hitam dibuat dari adonan jelaga dengan lem sejenis cuka.
f) Cat air
Cat air ialah media seni rupa yang mempunyai sifat khusus yaitu tembus pandang/transparan. Apabila terjadi susunan warna tumpang tindih itu menimbulkan efek warna yang tertindih tidak tertutup sepenuhnya.
g) cat poster
Cat poster tergolong cat air alasannya ialah medium pengenceran nya memakai air,cat ini tidak sama dengan cat air biasa alasannya ialah sifatnya yang cepat kering dan sanggup dipakai mirip cat minyak yakni dengan warna pekat alasannya ialah tidak ada warna diberikutnya.
h)cat akrilik
Cat akrilik dibuat dengan materi pigmen sintetis,yaitu polivinil asetat(plastik).cat ini juga termasuk jenis cat air alasannya ialah dalam penerapannya sanggup memakai air sebagai pengencerannya.
i) cat minyak
Cat minyak dugunakan untuk menggambarkan delusi keruangan dengan memainkan petang terperinci dari benda yang digambarkan. Sesuai dengan namanya cat ini memerlukan minyak khusus untuk mencairkannya dan daya keringnya sangat lambat.
j) kertas
Ada dua jenis kertas yang dipakai melukis dan menggambar yaitu kertas buatan pabrik dan tangan. Kertas buatan pabrik berstandar kualitasnya sedangkan kertas buatan tangan dibuat khusus untuk mendapat aksara tertentu guna keperluan khusus pula.
k) kanvas
Kanvas ditemukan setelah ditemukannya cat minyak. Kanvas terbuat dari materi kain, kain di bentangkan pada spanram lalu didiberi pelekat untuk menutupi pori pori kain.
2. Alat dan materi seni rupa tiga dimensi
a) materi lunak
Kertas,karton,gabus dan styrofom termasuk materi lunak. Bahan materi ini relatif simpel didapat dan membentuknya sanggup dengan alat yang sederhana mirip pisau,silet dan gunting.
b) materi liat
Terdiri dari beberapa jenis mirip tanah liat, gips, plastisin dan lilin.
c) materi keras
Yang termasuk materi keras ialah batu,kayu dan logam oleh alasannya ialah itu materi ini susah dibuat maka diharapkan alat alat khusus untuk membentuknys mirip gerpenghasilan,gunting,dan alat pembentuk berupa pahat.




Tags :


pengertian seni rupa 2 dimensi
pengertian seni rupa terapan
pengertian seni rupa murni
pengertian seni rupa menurut para ahli
pengertian seni rupa indonesia
pengertian seni rupa multidimensi
pengertian seni rupa beserta gambarnya
pengertian seni rupa secara umum
alat dan materi seni lukis
contoh seni lukis
sejarah seni lukis
fungsi seni lukis
aliran seni lukis
pengertian seni lukis berdasarkan para ahli
manfaat seni lukis
jenis jenis seni lukis

Sumber http://www.panduankimia.net

Post a Comment for "Pengertian Seni Rupa Beserta Alat Dan Bahan"