Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Permainan Bola Basket

Permainan Bola Basket
Teknik dalam permainan bola basket terdiri atas bermacammacam gerakan. Teknik dasar yang dipelajari di kelas IX iniialah bahan lanjutan dari kelas VII dan VIII. Adapun metode dasar yang perlu dipelajari sebagai tes lanjutan ialah sebagai diberikut.
a. Teknik dasar passing dan menangkap bola
Istilah passing mengandung pengertian mengoper bola, sedang menangkap bola berarti mendapatkan bola. Kegiatan menangkap dan melempar bola sanggup berlangsung silih berganti secara berpasangan.

Adapun metode dasar passing dan menangkap bola sanggup dilakukan dengan cara sebagai diberiku
  1. Melempar dan menangkap bola secara berpasangan dengan gerakan di tempat, maju, mundur dan menyamping.
  2.  Melempar dan menangkap bola dengan deretan berbanjar.
  3. Melempar dan menangkap bola dengan deretan lingkaran, lakukan secara bergantian untuk pemain di tengah
b. Teknik dasar menggiring bola
Menggiring bola ialah suatu perjuangan untuk membawa bola menuju ke depan ke tempat lawan. Teknik menggiring bola ialah dengan satu tangan dengan tangan kiri atau kanan. Adapun metode dasar menggiring bola sanggup dilakukan dengan cara sebagai diberikut
  1.  Menggiring bola dengan gerakan maju mundur dan menyamping ke arah kanan dan kiri yang dilakukan secara bergantian arah.
  2.  Menggiring bola dengan mengikuti mitra yang di depannya
  3.  Menggiring bola dengan lari berantai berputar melalui rintangan (zig-zag) dalam bentuk kelompok (menggunakan asisten dan kiri secara bergantian).
c. Teknik dasar menembak bola (shooting)
Keberhasilan suatu regu dalam permainan selalu ditentukan oleh keberhasilan dalam menembak. Dasar-dasar metode menembak bergotong-royong sama dengan metode lemparan. Makara kalau pemain menguasai metode passing maka pelaksanaan metode menembak bagi pemain tersebut sangat praktis dan cepat dilakukan.


Adapun metode dasar menembak bola sanggup dilakukan dengan cara sebagai diberikut.
  1. Menembak bola dengan satu tangan sambil bergerak maju, mundur dan menyamping kemudian lakukan melewati atas tali yang melintang, lakukan secara berpasangan atau kelompok dengan deretan berbanjar.
  2.  Menembak ke arah depan ring basket pada deretan berbanjar dengan memakai satu dan dua tangan, lakukan gerakan secara bergantian
  3. Menembak ke arah samping ring basket pada deretan berbanjar dengan memakai satu dan dua tangan, lakukan secara bergantian.
d. Teknik dasar lay up shot
Tembakan lay up ialah tembakan yang dilakukan dengan jarak bersahabat sekali dari ring basket, sehingga seakan-akan bola itu diletakkan ke dalam ring basket, tembakan lay up sanggup dilakukandi sebelah kiri dan kanan ring. Seorang pemain yang melaksanakan lay up dari sisi kanan makamenggunakan asisten dan dari sisi kiri memakai tangan kiri. Tolakan kakipun harus berlawanan, kalau tolakan dengan kaki kiri maka tembakan oleh asisten dan sebaliknya.

Adapun metode dasar layup sanggup dilakukan dengan cara sebagai diberikut.
  1. Melakukan lay up dari posisi melangkah, dilanjutkan dua langkah sambil memegang bola, lakukan gerakan secara berpasangan dan bergantian.
  2. Melakukan lay up dari arah depan dan samping ring basket, lakukan secara berpasangan atau kelompok dan secara bergantian

Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Permainan Bola Basket"