Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebutkan 5 Tahapan Perkembangan Suatu Negara?

1.Masyarakat Tradisional
Masyarakat tradisional adalah masyarakat yang masih belum produktif dan masih bersifat relatif primitif serta dipengaruhi oleh nilai-nilai aliran yang tidak rasional yang sifatnya turun-temurun. Sistem ekonomi belum berorientasi ke pasar, belum adanya aplikasi ilmu pengetahuan teknologi modern serta jumlah produksi terbatas. Sebagian besar sumber daya masyarakat yang ada dipakai untuk sektor pertanian. Mobilitas masyarakatnya rendah dan hubungan keluarga serta kesukuan masih sangat mendominasi dalam organisasi kemasyarakatan.
2. Prakondisi Lepas Landas
Tahapan ini adalah tahapan masyarakat yang sedang menuju pada perubahan, baik dalam bidang ekonomi, sosial, maupun politik. Pada prakondisi lepas landas, perkembangan suatu negara sanggup dibedakan menjadi dua.
a. Negara-negara yang mengalami perombakan dari masyarakat tradisional menuju
    masyarakat modern, ibarat yang dicapai oleh negara-negara Eropa, Asia, Afrika, dan Amerika.
b. Negara-negara yang pribadi menuju masyarakat modern tanpa banyak merombak masyarakat tradisional alasannya masyarakat tersebut terdiri dari para imigran yang berasal dari negara yang memang sudah maju, ibarat Amerika, Kanada, Australia, dan Selandia Baru. Negara yang mengalami masa perubahan pada tahap pra kondisi tinggal landas ini, masyarakatnya sudah mulai mengubah teknologinya ke arah yang lebih produktif sehingga sebagian dari pendapatannya sudah mulai ditabung di lembaga-lembaga produktif ibarat bank. melaluiataubersamaini terakumulasinya modal di bank, para pengusaha sanggup memperluas usaspesialuntuk, dan acara ekonomi secara stimulan terus bergerak ke arah kemajuan.

3. Lepas Landas
Pada tahap ini banyak sekali perjuangan produktif terus berkembang sehingga terjadi pertumbuhan ekonomi yang cukup berarti untuk memacu banyak sekali sektor pembangunan. Terciptanya pembaharuan di banyak sekali sektor ke arah yang lebih produktif dan efisien, akumulasi modal terus bertambah, dan industri menjadi sektor yang memimpin dalam memacu pertumbuhan ekonomi. Pendapatan nasional terus bertambah, dan pendapatan per kapita penduduk terus meningkat.

4. Tahap Gerak Menuju Kedewasaan
Pada tahap ini acara ekonomi suatu negara terus mengalami pertumbuhan secara teratur, penerapan teknologi modern semakin meluas. Kira-kira 10% - 20% pendapatan nasional mulai diinvestasikan. Struktur ekonomi terus mengalami perubahan, industri-industri berkembang, bergerak menuju industri hulu yang padat modal.

5. Tahap Konsumsi Tinggi
Tahap ini perkembangan industri mengarah pada yang tahan usang dan jasa keahlian. Pendapatan per kapita hingga pada satu titik situasi daya beli masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok sudah tinggi. Termasuk barang-barang yang bersifat sekunder dan tersier.
Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Sebutkan 5 Tahapan Perkembangan Suatu Negara?"