Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Terbentuknya Benua Dan Samudra Menurut Teori Apungan Dan Pergeseran Benua

Berikut ini akan dibahas terkena sejarah terbentuknya benua, sejarah terbentuknya benua dan samudra, teori apungan dan pergeseran benua, sejarah terbentuknya samudra.

Sejarah Terbentuknya Benua dan Samudra

Kalian tentu sudah mengetahui bahwa benua ialah cuilan bumi yang berbentuk daratan, sedangkan samudra ialah cuilan bumi yang berbentuk perairan.

Bagaimanakah sejarah terbentuknya dua cuilan bumi itu? Pelajarilah uraian diberikut dengan baik!

Sejarah Terbentuknya Benua

Mengenai sejarah terbentuknya benua, teori yang paling terkenal dikemukakan oleh Alfred Lothar Wegener. Ia memperkenalkan teori “Apungan dan Pergeseran Benua” pada tahun 1912 di depan para mahir Geologi di Frankfurt, Jerman. 

Teori itu disusun dalam sebuah buku yang berjudul “Die Enstehung der Kontinente und Ozegua “ yang berarti “Asal Usul Benua dan Lautan. 
 Berikut ini akan dibahas terkena sejarah terbentuknya benua Sejarah Terbentuknya Benua dan Samudra Berdasarkan Teori Apungan dan Pergeseran Benua
Sejarah Terbentuknya Benua
Semula buku ini menimbulkan polemik di kalangan para mahir geologi, namun karenanya pada tahun 1960 teori ini menerima sumbangan dari ahli-ahli ilmu bumi. Titik tolak fatwa teori “Apungan dan Pergeseran Benua” oleh Wegener yakni sebagai diberikut.

a. Pada Zaman Permian (± 225 juta tahun yang lalu)

Semula tiruana benua tergabung dalam satu benua yang disebut Pangaea. Benua purba Pangaea ini dibedakan menjadi dua cuilan besar, yaitu cuilan utara (Benua Laurasia) dan cuilan selatan (Gondwana).

b. Pada Zaman Trassic (± 200 juta tahun yang lalu)

Saat itu Pangaea mulai pecah dengan membukanya Samudra Atlantik Utara antara Laurasia dan Gondwana. 

Saat itu pula Gondwana pecah menjadi tiga, yaitu Amerika Selatan, Afrika, dan India. Posisi ini semakin menciutkan Laut Thethys sewaktu Amerika Selatan, Afrika, dan India bergerak ke utara.

c. Pada Zaman Jurrasic (± 135 juta tahun yang lalu)

Sebuah retakan melebar antara Amerika Utara dan Eurasia dengan memperlebar Atlantik Utara. Amerika Selatan dan Afrika mulai terpisah sepanjang suatu retakan yang akan menjadi Samudra Atlantik Selatan (India terus bergerak menuju Asia).

d. Pada Zaman Cretaceous (± 65 juta thaun yang lalu)

Amerika Selatan dan Afrika sudah menempuh jalan masing-masing. Amerika Utara dan Eropa masih dihubungkan oleh Greenland. India semakin mendesak Asia.

e. Pada Zaman sekarang

Sekarang ini (seperti kondisi benua sekarang) ialah zaman emas bagi pulau-pulau. Greenland sudah terbentuk terpisah, sementara Australia sudah berpindah ke utara dari Antartika. 

India sudah menabrak Asia (membentuk Pepegununganan Himalaya) Sesudah mengetahui tentang teori terbentuknya benua tersebut, coba kini ungkapkan sejarah terbentuknya benua dengan bahasamu sendiri!

Sejarah Terbentuknya Samudra

Sekitar 4,4 milyar tahun yang lalu, bumi mulai mendingin jawaban mulai berkurangnya acara vulkanik, selain itu atmosfer bumi pada dikala itu masih tertutup oleh debu-debu vulkanik yang mengakibatkan terhalangnya sinar matahari hingga ke bumi. 
 Berikut ini akan dibahas terkena sejarah terbentuknya benua Sejarah Terbentuknya Benua dan Samudra Berdasarkan Teori Apungan dan Pergeseran Benua
Sejarah Terbentuknya Samudra
Akibatnya uap air di atmosfer mulai berkondensasi dan terbentuklah hujan. Hujan inilah yang mulai mengisi cekungan-cekungan di bumi sehingga terbentuklah samudra dan laut. 

Samudra dikala itu bersifat sangat asam dengan air yang mendidih (kira-kira 100°C. Keasaman air samudra ini terjadi alasannya yakni dikala itu atmosfer bumi dipenuhi oleh karbon dioksida. 

Keasaman air inilah yang mengakibatkan garam-garaman sehingga air samudra dan bahari menjadi asin menyerupai kini ini.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Sejarah Terbentuknya Benua Dan Samudra Menurut Teori Apungan Dan Pergeseran Benua"