Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Faktor-Faktor Penyebab Yang Memengaruhi Perubahan Sosial Dalam Masyarakat

Artikel kita kali ini akan mengulas wacana perubahan sosial, faktor yang mensugesti perubahan sosial, perubahan sosial dalam masyarakat, faktor perubahan sosial, proses perubahan sosial, faktor faktor perubahan sosial, faktor penyebab perubahan sosial.


Faktor-Faktor yang Memengaruhi Perubahan Sosial

Perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat bersumber dari dalam masyarakat itu sendiri dan sanggup pula dari luar. Meskipun demikian, perubahan sosial dipengaruhi oleh beberapa faktor yang berasal dari luar, tetapi masyarakatlah yang akan melakukan perubahan. 

Oleh alasannya ialah itu, perubahan sosial sanggup terjadi alasannya ialah adanya faktor yang saling memengaruhi, baik dari masyarakat sendiri maupun dari masyarakat lain. 

melaluiataubersamaini kata lain, masyarakatlah yang mendapatkan dan melakukan perubahan tersebut. Masyarakat secara sadar mengetahui perubahan yang terjadi dalam kehidupannya. Misalnya, masuknya listrik ke pedesaan memengaruhi perkembangan industri. 

Kerajinan dan industri kecil akan bertambah maju alasannya ialah produksi sanggup dilakukan pada malam hari. Masuknya televisi ke desa menimbulkan orang di pedesaan sanggup dengan simpel mendapatkan informasi dan hiburan secara visual. 

Masuknya listrik ke pedesaan membawa perubahan besar dalam tata kehidupan penduduk, yang mencakup peningkatan industri kecil dan industri rumah tangga, kepuasan menikmati hiburan dan informasi terkena insiden terkini dari seluruh penjuru dunia. 

Adanya listrik masuk desa secara tidak pribadi sanggup juga berdampak negatif dan sanggup membawa perubahan-perubahan yang justru sanggup merugikan masyarakat desa itu sendiri. 

Misalnya, tayangan iklan komersial di televisi yang akan memengaruhi pola konsumtif dan meningkatkan daya beli penduduk desa.

Beberapa faktor perubahan yang bersumber dari masyarakat itu sendiri dan dari luar masyarakat atau dari masyarakat lain, antara lain sebagai diberikut.

a. Perubahan Kependudukan

Jumlah penduduk yang terus meningkat akan menambah kebutuhan terhadap beberapa kemudahan yang mendukung kehidupan mereka. misalnya, kemudahan pendidikan, kesehatan, atau lapangan kerja. 

Jika jumlah anak dalam sebuah keluarga cukup besar, hak atas warisan akan semakin berkurang alasannya ialah terbagi menurut jumlah anak. 

Oleh alasannya ialah itu, pemilikan tanah di pedesaan akan semakin berkurang. Penduduk yang terus bertambah memerlukan lapangan-lapangan kerja gres sedangkan lapangan kerja utama yang ada di desa spesialuntuk berkisar pada bidang pertanian, perkebunan, dan peternakan. 

Desa tidak bisa menyediakan lapangan kerja gres dan sumber daya alam pedesaan yang terbatas membuat desa tidak bisa menampung tenaga kerja. melaluiataubersamaini demikian, banyak penduduk desa yang mengadu nasib ke kota untuk bekerja.

b. Penemuan-Penemuan Baru

Penemuan gres ialah proses sosial dan kebudayaan yang terjadi dalam jangka waktu relatif cepat yang sering disebut penemuan atau innovation. 

Penemuan tersebut kemudian mempunyai daya guna dan manfaat bagi masyarakat sehingga tata kehidupan masyarakat mengalami perubahan. 

Di samping penemuan terdapat pula discovery yang artinya penemuan dari unsur-unsur kebudayaan yang baru, baik berupa alat gres maupun berupa inspirasi gres atau suatu rangkaian ciptaan-ciptaan dari masyarakat masyarakat. 

Discovery ialah pengembangan dari penemuan yang sudah ada kemudian disempurnakan. Jika hasil penyempurnaan atau pengembangan penemuan tersebut (discovery) diakui keuntungannya oleh masyarakat, penemuan tersebut dinamakan invention. 

Ditemukannya mesin cetak membawa perubahan bagi masyarakat, terutama dalam hal penggandaan buku-buku ilmu pengetahuan. Hal tersebut mengakibatkan masyarakat mengetahui akan kebenaran-kebenaran ilmiah dan mengetahui hal-hal yang sebelumnya tidak dikenal. 

Penemuan tersebut dinamakan inovasi. Akan tetapi, alat cetak tersebut sifatnya kaku alasannya ialah aksara yang ada pada mesin cetak tidak sanggup diubah-ubah, satu lempengan untuk satu halaman. 

melaluiataubersamaini demikian, orang berusaha menemukan alat pencetak yang hurufnya sanggup diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan biar pencetakan sanggup dengan simpel diperbanyak. 

Hal tersebut disebut dengan discovery. Penemuan yang sudah ada tersebut sanggup juga dikombinasikan dengan banyak sekali alat menolong biar pencetakan-pencetakan banyak sekali buku, surat kabar, dan lain-lain lebih gampang. 

Alat percetakan ini tidak spesialuntuk dipakai oleh penemunya, tetapi juga dipasarkan ke banyak sekali tempat atas seruan masyarakat. Jika masyarakat sudah mengetahui manfaat dari penemuan alat cetak tersebut, proses ini dinamakan invention.

Jika orang mengamati perkembangan penemuan baru, tampak ada faktor-faktor pendorong yang memengaruhi masyarakat atau individu untuk lebih menyempurnakannya. 

Hal tersebut bertujuan biar penemuan tersebut menjadi lebih mempunyai kegunaan dan bermanfaa dan diperlukan sanggup kuat terhadap bidang-bidang kehidupan yang lain.

c. Perperihalan (Konflik)

Perperihalan dalam masyarakat sanggup menimbulkan perubahan sosial. Perperihalan sanggup terjadi antara kelompok renta yang konservatif dan kelompok muda yang dinamis. 

Perperihalan ini sering terjadi pada masyarakat yang sedang berkembang menuju masyarakat modern yang lebih kompleks dan masyarakat tradisional. Perperihalan juga terjadi antarindividu, antarkelompok, serta antara individu dan kelompok. 

Misalnya, seorang yang membawa nilai-nilai gres terkena penundaan usia perkawinan. Gagasan tersebut diutarakan pada masyarakat tradisional yang menjunjung tinggi pelaksanaan perkawinan di usia muda. Tentu saja gagasan tersebut diperihal alasannya ialah tidak sesuai dengan kebiasaan masyarakat. 

Usaha biar masyarakat sanggup mendapatkan pedoman tersebut memerlukan waktu yang lama. Kesadaran akan penundaan perkawinan umumnya  bergantung pada tingkat pendidikan di masyarakat. 

Jika tingkat pendidikan di masyarakat tinggi, perkawinan dilakukan setelah mencapai hal-hal tertentu tanpa memandang usia.

d. Terjadinya Pemberontakan atau Revolusi dalam Masyarakat

Pemberontakan yang terjadi di masyarakat sanggup di ketahui melalui pemdiberitaan di media massa, menyerupai surat kabar, radio, dan televisi akan membawa perubahan-perubahan politik di negara bersangkutan.

misalnya, pemberontakan yang terjadi di Sri langka yang dilakukan oleh Suku Tamil atau pemberontakan di India yang dilakukan di tempat Kashmir.

misal lainnya ialah pernyataan kemerdekaan secara sepihak oleh masyarakat Chechnya yang menimbulkan pemerintah Rusia berusaha menumpas pemberontak an tersebut.

e. Perubahan yang Diakibatkan oleh Lingkungan Fisik

Gejala yang terjadi di lingkungan alam sanggup mengakibatkan perubahan sosial. Misalnya, gempa bumi terjadi di banyak sekali wilayah Indonesia. Gempa bumi tersebut mengakibatkan masyarakat kehilangan banyak harta benda dan keluarga.

Keadaan tersebut memaksa masyarakat membentuk kehidupan kembali melalui forum atau organisasi sosial yang gres alasannya ialah kehidupan usang sudah rusak atau hilang.

Perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat menyerupai perubahan mata pencaharian, perubahan keluarga, atau perubahan kekayaan.

f. Peperangan

Peperangan yang terjadi antara satu negara dan negara lain mengakibatkan terjadinya perubahan alasannya ialah kehancuran akhir perang. misalnya, hancurnya harta benda, kehilangan anggota keluarga, atau tragedi kelaparan.

Negara yang kalah perang akan tunduk dengan mendapatkan ideologi dan kebudayaan dari pihak yang memenangkan peperangan.

g. Pengaruh Kebudayaan Masyarakat Lain

Pengaruh kebudayaan dari masyarakat lain terutama kebudayaan Barat, sanggup berasal dari film, televisi, radio, surat kabar, dan media massa lainnya. Kadang-kadang media tersebut mempersembahkan imbas negatif yang tidak sesuai dengan gaya hidup masyarakat Indonesia. Akan tetapi, ada pula imbas luar yang positif, contohnya dalam hal pendidikan.

Mereka yang mendapatkan beasiswa berguru di luar negeri membawa pulang teori dan pandangan barat ke tanah air sehingga ilmu yang mereka sanggup dipakai dan diubahsuaikan dengan budaya Indonesia, meski tidak menutup mata apabila ada beberapa orang yang lebih menentukan untuk tetap diberideologi Barat.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Faktor-Faktor Penyebab Yang Memengaruhi Perubahan Sosial Dalam Masyarakat"