Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-Macam Fungsi Seni Dalam Kehidupan Insan Sehari-Hari

Artikel ini akan mengulas secara singkat terkena fungsi seni dalam kehidupan manusia, fungsi seni, fungsi seni dalam kehidupan sehari hari, fungsi seni dalam kehidupan, macam macam fungsi seni.

Fungsi Seni dalam Kehidupan Manusia

Seni, baik itu seni rupa, seni sastra, dan seni pertunjukan sebagai bab dari kebudayaan insan memiliki fungsi sebagai diberikut.

Fungsi aktualisasi diri

Melalui karya seni seseorang bisa mencoba mengaktualisasikan dirinya dengan mengekspresikan segala bentuk perasaan hatinya ke dalam karya seni.

Berbagai bentuk karya sastra yaitu ungkapan perasaan hati yang tertuang dalam bentuk tulisan. Ungkapan perasaan itu bisa berupa pengalaman eksklusif dari sang pujangga ataupun hasil perenungan terhadap situasi lingkungan yang ada di sekitarnya. 

Buku Max Havelaar, karya Douwes Dekker, yaitu sebuah karya yang muncul dari keprihatinan Douwes Dekker melihat kekejaman pemerintah kolonial terhadap rakyat di tempat penjajahan. 

Demikian halnya karya puisi maupun cerpen yang diciptakan para sastrawan yaitu bentuk ungkapan suasana hati maupun suasana sosial yang berlaku pada zamannya. 

Novel Siti Nurbaya, karya Marah Rusli mengungkapkan kondisi masyarakat pada masa itu, yaitu kawin paksa. Kekaguman pelukis pada keagungan ciptaan Tuhan terwujud dalam bentuk lukisan. 

Demikian pula banyak sekali bencana dalam kehidupan sehari-hari, diungkapkan melalui dongeng atau kisah dalam seni pertunjukan.

Sarana rekreasi

Seni rupa, seni sastra, dan seni pertunjukan yaitu bab dari masukana hiburan bagi masyarakat luas. Apresiasi masyarakat terhadap seni nampak dari ekspresi dominan masyarakat terhadap penyajian karya seni tersebut.

Adakalanya masyarakat awam kurang memahami apa arti dari seni yang disajikan, terutama karya seni lukis aneh yang memungkinkan banyak sekali bentuk persepsi.

Fungsi edukasi

Seni rupa, seni sastra, dan seni pertunjukan sanggup dipergunakan sebagai media pembelajaran bagi masyarakat luas. Melalui seni pertunjukan sanggup diambil hikmah yang terkandung melalui kisah yang dipentaskan tersebut. 

Penyampaian banyak sekali bentuk pesan maupun kebijakan pemerintah yang disosialisasikan kepada masyarakat luas cenderung simpel diterima, kalau disampaikan melalui seni pertunjukan.

Fungsi sosialisasi

Seni pertunjukkan yaitu salah satu masukana yang dipergunakan sebagai media untuk memberikan pesan kepada masyarakat luas yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah, penanaman nilai, dan norma sosial.

Melalui pertunjukan seni tradisional (ketoprak, wayang, lenong) ataupun seni modern (film), banyak sekali aktivitas pemerintah sanggup disosialisasikan ke masyarakat luas.

Fungsi religi

Seni rupa, seni sastra, dan seni pertunjukan sanggup berfungsi sebagai masukana dalam menuangkan ajaran-ajaran agama untuk dikenalkan kepada masyarakat luas. Kaligrafi yaitu seni rupa yang mengambil ayat-ayat suci Al Qur’an sebagai bahan lukisan.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Macam-Macam Fungsi Seni Dalam Kehidupan Insan Sehari-Hari"