Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Ciri-Ciri Dan Teladan Kelompok Dasar (Basic Group) Dalam Penjabaran Kelompok Sosial Teratur

Kali ini kita akan mengulas terkena kelompok sosial, jenis-jenis kelompok sosial, macam macam kelompok sosial, kelompok sosial dalam masyarakat multikultural, kelompok sosial teratur, basic group.


Pengertian Kelompok Dasar (Basic Group)

Kelompok dasar yaitu kelompok yang dibuat secara impulsif dari bawah untuk melindungi anggota-anggotanya terhadap tekanan negatif dari masyarakat besar dan sekaligus berfungsi sebagai sumber acara bagi pembaruan masyarakat besar (induk) itu sendiri. 

Suatu kesatuan insan dikategorikan sebagai kelompok dasar apabila mempunyai ciri-ciri sebagai diberikut.
  1. Kelompok dasar pada umumnya ialah kelompok yang relatif kecil dan terdiri atas orang-orang yang tidak puas terhadap masyarakat sekitarnya.
  2. Kelompok dasar dibuat dari bawah secara spontan, tidak didasarkan atas perintah atau desakan unsur pimpinan masyarakat yang sedang memegang kekuasaan. Sering pembentukan kelompok dasar tidak direstui pemerintah alasannya yaitu berperihalan dengan kehendak pemerintah.
  3. Kelompok dasar dibuat khusus guna melindungi anggota kelompoknya dan secara umum melindungi masyarakat luas dari tekanan anonim unsur kekuasaan yang merugikan lapisan bawah.
  4. Kelompok dasar sanggup berfungsi sebagai pembaharu masyarakat besar (masyarakat politik atau negara dan masyarakat agama) yang dirasa sudah kehilangan vitalitasnya dalam menjalankan fungsi-fungsi sosialnya.
misal kelompok dasar yang terdapat di masyarakat di antaranya kelompok yang berlandaskan agama. Kelompok agama muncul alasannya yaitu unsur-unsur penting sudah kehilangan fungsinya bagi masyarakat.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Pengertian, Ciri-Ciri Dan Teladan Kelompok Dasar (Basic Group) Dalam Penjabaran Kelompok Sosial Teratur"