Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Serta Definisi Mobilitas Sosial Vertikal Dan Horizontal

Berikut ini akan kita bahas terkena mobilitas sosial, pengertian mobilitas sosial, pengertian mobilitas, definisi mobilitas sosial, arti mobilitas sosial, pengertian mobilitas sosial vertikal, pengertian mobilitas sosial horizontal.

Pengertian Mobilitas Sosial

Mobilitas berasal dari kata latin mobilis, yang artinya praktis dipindahkan atau banyak bergerak dari kawasan yang satu ke kawasan yang lain. 

Mobilitas sosial (social mobility) atau gerak sosial didefinisikan sebagai perpindahan orang atau kelompok dari strata sosial yang satu ke strata sosial yang lain. 

melaluiataubersamaini kata lain, seseorang mengalami perubahan kedudukan (status) sosial dari suatu lapisan ke lapisan lain, baik menjadi lebih tinggi maupun menjadi lebih rendah dari sebelumnya atau spesialuntuk berpindah tugas tanpa mengalami perubahan kedudukan. 

Oleh alasannya yaitu itu, mobilitas sosial mempunyai kaitan bersahabat dengan struktur sosial. Seperti berdasarkan Kimball Young dan Raymond W. Mack, mobilitas sosial yaitu suatu gerak dalam struktur sosial. 

Misalnya, apabila seorang guru beralih pekerjaan menjadi pemilik toko buku, kemudian beliau melaksanakan gerak sosial. 

Juga apabila seseorang yang menerima penghasilan bulanan sebesar Rp500.000,00 kemudian pindah pekerjaan alasannya yaitu usulan penghasilan yang lebih tinggi. Proses tadi tidak spesialuntuk terbatas pada individu-individu saja, tetapi mungkin juga pada kelompok sosial. 

Misalnya, suatu golongan minoritas dalam masyarakat, berasimilasi dengan golongan mayoritas. Pengertian mobilitas sosial dalam sosiologi ialah tanda-tanda sosial yang kompleks yang terdiri atas hal-hal diberikut.

1. Arah mobilitas sosial berlangsung secara:
  • vertikal, yaitu perubahan status sosial atau kelas sosial seseorang, ke atas untuk naik statusnya ataupun ke bawah yang ialah penurunan statusnya;
  • horizontal atau mendatar, yaitu perubahan status seseorang dalam kelas sosialnya tanpa berubah hierarki prestise dan jenis kelas sosial.

2. Mobilitas sosial dilihat dari waktu

Baik yang berlangsung dalam satu generasi maupun dari satu generasi ke generasi lainnya. Mobilitas yang dilakukan seseorang dalam kehi dupannya, dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya disebut mobilitas segenerasi.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Pengertian Serta Definisi Mobilitas Sosial Vertikal Dan Horizontal"