Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keterbatasan Ekologis Dalam Pembangunan, Efek Dan Akhir Pencemaran Lingkungan Serta Upaya Mengatasinya

Berikut ini akan dibahas ihwal peningkatan jumlah penduduk, kepadatan penduduk, komposisi penduduk, pertumbuhan penduduk, keterbatasan ekologis dalam pembangunan, pencemaran, jawaban pencemaran, pencemaran lingkungan, efek pencemaran lingkungan, artikel pencemaran lingkungan, jawaban pencemaran lingkungan, pencemaran limbah industri, pencemaran air, eksploitasi sumber daya alam, pencemaran tanah dan pencemaran udara.

Keterbatasan Ekologis Dalam Pembangunan dan Upaya Mengatasinya

Meningkatnya jumlah penduduk bumi menimbulkan peningkatan ber bagai kebutuhan, mulai dari pangan, sandang, maupun pemukiman. 

Dibutuhkan pula sumber daya alam lainnya ibarat tanah, air, energi, mineral, dan lainnya yang diambil dari persediaan sumber daya alam di bumi. 

Semula kehidupan insan di bumi di kuasai oleh alam, namun dengan munculnya adab Barat lahirlah sistem nilai yang hakikatnya memandang bahwa manusialah yang menguasai dan menjadi sentra (antroposentris). 

Dalam sistem nilai ibarat ini lahirlah anggap an bahwa apa yang ada di bumi ini ialah untuk manusia. 

Di samping kebutuhan tersebut maka pada insan terdapat keinginan-keinginan semoga kebutuhan hidupnya sanggup terpenuhi. 

Eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan untuk kepentingan insan menimbulkan menipisnya perse diaan sumber daya alam, bahkan sisa-sisa pengolahan banyak sekali barang karenanya menjadikan tragedi bagi kehidupan manusia. 

Beberapa pola terkena terjadinya tragedi lingkungan jawaban pencemaran dan lainnya ialah sebagai diberikut.

1. Pencemaran limbah industri dan rumah tangga menimbulkan pencemaran air tanah dan air permukaan. 

Hujan asam di banyak sekali kota di Indonesia menimbulkan timbulnya banyak sekali penyakit, kerusakan, dan maut tumbuhan pertanian serta kerusakan hutan.

2. Pencemaran yang disebabkan kecelakaan, mi salnya bocornya pabrik pestisida di Bhopal (India) dan kecelakaan sentra listrik tenaga nuklir di Chernobyl (Rusia) sudah menjadikan banyak kerugian.

3. Terjadinya pengikisan dan banjir di banyak sekali kepingan bumi, ibarat di India, Indonesia, dan Cina.

4. Terganggunya udara di kota London dan Los Angeles lantaran udara terkotori oleh asap banyak sekali industri sehingga mengganggu kesehatan penduduk.

5. Malapetaka yang terjadi di Ethiopia (Afrika) 1980, yakni kegagalan pguan jawaban kekeenteng yang menimbulkan kelaparan dan kematian, berawal dari pertumbuhan penduduk yang tinggi, penggundulan hutan, pengikisan tanah yang meluas, dan kurangnya pemberian terhadap kegiatan pertanian.

Pembangunan yang dilakukan oleh setiap negara nampaknya sanggup meningkatkan kesejahteraan penduduknya. Sejalan dengan itu eksploitasi sumber daya alam semakin meningkat. 

Akibatnya persediaan sumber daya alam makin terkuras dan pencemaran lingkungan makin meningkat. Hal ini terjadi tidak spesialuntuk pada nega ra maju, tetapi juga terjadi pada negara berkembang, termasuk Indonesia. 

Negara maju masih meneruskan pola hidupnya yang glamor dan boros. Jumlah industri, ken daraan bermotor, dan konsumsi energi terus meningkat dalam memenuhi kebutuhan kehidupan mereka. 

Sementara negara berkembang berusaha keluar dari kemiskinannya melalui peningkatan pembangunan. Untuk itu, eksploitasi sumber daya alam dilakukan, baik untuk kebutuhan dalam negeri, maupun untuk ekspor.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Keterbatasan Ekologis Dalam Pembangunan, Efek Dan Akhir Pencemaran Lingkungan Serta Upaya Mengatasinya"