Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemanfaatan Dan Pelestarian Sumber Daya Alam Hayati, Jenis Tumbuhan, Satwa Liar Dan Ekosistem

Berikut ini akan dijelaskan terkena memanfaatkan sumber daya alam, sumber daya alam, sumber daya alam hayati, sda hayati, artikel sumber daya alam, memanfaatkan sumber daya alam, memanfaatkan sumber daya alam hayati, pelestarian sumber daya alam, memanfaatkan sda, bagaimanakah memanfaatkan sumber daya alam nabati dalam kehidupan manusia, memanfaatkan jenis flora dan satwa liar.

Pemanfaatan Sumber Daya Alam Hayati

Pemanfaatan secara lestari sumber daya alam ha yati dan ekosistemnya dilakukan melalui kegiatan:

a. memanfaatkan kondisi lingkungan daerah peles tarian alam;
b. memanfaatkan jenis flora dan satwa liar.

Pemanfaatan kondisi lingkungan daerah pelestarian alam dilakukan dengan tetap menjaga kelestarian fungsi kawasan. 

Pemanfaatan jenis flora dan satwa liar dilakukan dengan memperhatikan kelangsungan potensi, daya dukung, dan keguakaragaman jenis flora dan satwa liar.

Kawasan pelestarian alam terdiri atas taman nasional, taman hutan raya, dan taman wisata alam. Kawasan taman nasional dikelola dengan sistem zona yang terdiri atas zona inti, zona penyangga, dan zona memanfaatkan. 

Kawasan taman nasional diatur sedemikian rupa supaya terjaga kelestariannya, contohnya dengan pengaturan ibarat diberikut.

a. Setiap orang tidak boleh melaksanakan acara yang sanggup mengakibatkan perubahan terhadap ke utuh an zona inti taman nasional.

b. Perubahan terhadap keutuhan zona inti taman nasional mencakup pengurangan, penghilangan fungsi, dan luas zona inti taman nasional, serta penambahan jenis flora dan satwa lain yang tidak asli.

c. Setiap orang tidak boleh melaksanakan acara yang tidak sesuai dengan fungsi zona penyangga dan zona memanfaatkan dari taman nasional, taman hutan raya, dan taman wisata alam.

d. Pengelolaan taman nasional, taman hutan raya, dan taman wisata alam dilaksanakan oleh pemerintah.

e. Di dalam zona memanfaatkan taman nasional, taman hutan raya, dan taman wisata alam sanggup di bangkit masukana kepariwisataan menurut rencana pengelolaan terpadu.

f. Untuk acara kepariwisataan dan rekreasi, pemerintah sanggup mempersembahkan hak pengusahaan atas zona memanfaatkan taman nasional, taman hutan raya, dan taman wisata alam dengan meng ikutsertakan masyarakat.

Pemanfaatan Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar

Pemanfaatan jenis flora dan satwa liar sanggup dilaksanakan untuk acara pengkajian dan penelitian, penangkaran dan pengembangan, perburuan secara teratur, perdagangan, peragaan, pertukaran, kecerdikan daya tumbuhan obat-obatan, dan pemeliharaan untuk kesenangan (hobi).

Peran serta masyarakat dalam konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya diarahkan dan digerakkan oleh pemerintah melalui acara yang berdaya guna dan berhasil guna.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Pemanfaatan Dan Pelestarian Sumber Daya Alam Hayati, Jenis Tumbuhan, Satwa Liar Dan Ekosistem"