Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Usaha Pelestarian Sumber Daya Kekayaan Alam Melalui Rehabilitasi Dan Reklamasi Lahan Kritis, Reboisasi, Resettlement, Aktivitas Kali Higienis Dan Pengendalian Intrusi Air Asin Serta Pengelolaan Pantai Dan Lautan

Berikut ini akan dijelaskan terkena perjuangan pelestarian sumber daya alam, kekayaan alam, sumber daya alam hayati, pelestarian sumber daya alam, memanfaatkan sda, upaya pelestarian sumber daya alam, bagaimanakah memanfaatkan sumber daya alam nabati dalam kehidupan manusia, upaya melestarikan sumber daya alam, rehabilitasi dan reklamasi lahan kritis, reboisasi, penghijauan hutan, resettlement, jadwal kali membersihkan, jadwal pengendalian intrusi air asin, dan pengelolaan pantai dan lautan.

Usaha Pelestarian Kekayaan Alam dan Lingkungannya

Usaha-usaha pemerintah dalam menjaga pelestarian kekayaan alam dari kerusakan lingkungan antara lain sebagai diberikut.

a. Rehabilitasi dan Reklamasi Lahan Kritis

Usaha pengendalian lahan kritis dilaksanakan melalui beberapa perjuangan sebagai diberikut.

1) Penghijauan dan Reboisasi

Usaha penghijauan tanah dan reboisasi lahan hutan sudah dilakukan dengan contoh inpres (instruksi presiden), semenjak tahun 1976. 

Untuk lebih mempercepat perjuangan mengurangi lahan kritis, lahan tersebut justru dimanfaatkan untuk keperluan pembangunan perkebunan, transmigrasi, peternakan, dan bentuk pembangun an lainnya sekaligus untuk rehabilitasi.

2) Resettlement dan Pengendalian Peladang Berpindah

Untuk mengendalikan peladang berpindah diharapkan pendekatan yang lebih menyeluruh. Dalam korelasi ini perlu dikembangkan pendekatan dengan cara pendekatan fisik dan alam, pendekatan sosioantropologi, dan pendekatan pengembangan institusi. Sesudah pendekatan-pendekatan tersebut berhasil, gres dilakukan penataan pemukiman (resettlement).

b. Program Kali Bersih

Untuk meningkatkan daya dukung lingkungan de mi menunjang keberhasilan acara pemba ngunan di tiruana sektor maka ditempuh perjuangan jadwal kali membersihkan. Program kali membersihkan ini memiliki beberapa tujuan antara lain sebagai diberikut.
  1. Mencegah penurunan kualitas dan daya guna air sekaligus menaikkan kualitas dan dayaguna air. Program kali membersihkan ditujukan khususnya pada sumber-sumber air yang kualitasnya sangat buruk.
  2. Persiapan bagi pelaksanaan peraturan peme rintah wacana pengendalian pencemaran air.
  3. Pengembangan kelembagaan pengelolaan ling kungan hidup.

c. Program Pengendalian Intrusi Air Asin

Bentuk pengendalian penyusupan air asin sanggup diadaptasi dengan kondisi lingkungan yang ada, contohnya sebagai diberikut.

1) Mengendalikan tingkat pemompaan air tanah.
2) Menambah masukan air tanah dengan memperbanyak flora dan sumur resapan.
3) Mengendalikan ekspansi pemukiman perkotaan.
4) Melindungi daerah resapan atau daerah tangkapan hujan (recharge area).
5) Memdiberi prioritas pelayanan Perusahaan Air Minum (PAM) di daerah yang rawan air tawar.

d. Pengelolaan Pantai dan Lautan

Dalam mengelola wilayah pantai dan lautan di per lukan kebijaksanaan-kebijaksanaan sebagai diberikut.

1) Pemanfaatan sumber daya alam di wilayah pantai dan lautan yang sanggup diperbarui perlu dilakukan dalam batas kemampuan regenerasi, sedangkan untuk sumber daya alam yang tidak sanggup diperbarui, dilakukan dengan bijaksana dan rasional.

2) Inventarisasi tingkat memanfaatkan lahan wilayah pantai untuk banyak sekali acara yang perlu dikendalikan. Untuk itu, diharapkan adanya dukungan daerah, mana yang yaitu tempat lindung, tempat penyangga, dan tempat kecerdikan daya.

3) Pengelolaan wilayah pantai dan lautan sanggup dikembangkan dengan 3 alternatif, yaitu dukungan wilayah laut, kepulauan, dan ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif) serta diatur oleh sistem koordinasi antardepartemen di tingkat pusat.

e. Usaha Menjaga Kelestarian dan Meningkatkan Sumber Daya

Dalam rangka menjaga kelestarian dan mening katkan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan pokok insan maka kebijaksanaan pembangunan harus mencakup beberapa aspek hal-hal diberikut.
  1. Penciptaan dan ekspansi mata pencaharian khususnya di daerah yang mengalami tekanan ekonomi yang berat.
  2. Perlindungan terhadap pendapatan petani, nelayan, dan pengumpul hasil hutan.
  3. Pengkajian ilmiah terhadap erosi lapisan atas tanah dan pengambilan sumber daya hutan semoga tidak melebihi laju perbaikan produktivitasnya.
  4. Peningkatan produktivitas lahan dengan cara memperhatikan pengendalian penerapan pupuk organik, pestisida, dan tata air.
  5. Penelitian terhadap kebutuhan kayu bakar dan hasil hutan dengan memperhatikan aspek lingkungan.
  6. Pelestarian dan penerapan energi secara efisien.
  7. Pencegahan dan pengurangan pencemaran udara, tanah, dan air sedini mungkin.
  8. Pengembangan teknologi dengan memperhatikan kelestarian lingkungan.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Usaha Pelestarian Sumber Daya Kekayaan Alam Melalui Rehabilitasi Dan Reklamasi Lahan Kritis, Reboisasi, Resettlement, Aktivitas Kali Higienis Dan Pengendalian Intrusi Air Asin Serta Pengelolaan Pantai Dan Lautan"