Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kegunaan Dan Pemanfaatan Energi Listrik Dalam Kehidupan Insan Sehari-Hari

Berikut ini akan dijelaskan perihal, energi listrik, memanfaatkan energi listrik dalam kehidupan sehari hari, manfaat energi listrik, kegunaan energi listrik, manfaat energi listrik bagi kehidupan manusia.

Pemanfaatan Energi Listrik dalam Kehidupan Sehari-Hari

Energi listrik ialah energi yang paling mudah untuk diubah menjadi energi lain. Oleh alasannya yaitu itu, energi ini paling banyak dipakai oleh manusia. 

Untuk keperluan rumah tangga, misalnya, dari mulai penerangan, memasak, menyeterika, dan mencuci memakai peralatan yang bersumber dari energi listrik. 
 memanfaatkan energi listrik dalam kehidupan sehari hari Kegunaan dan Pemanfaatan Energi Listrik Dalam Kehidupan Manusia Sehari-Hari
Manfaat energi listrik untuk penerangan
Untuk penerangan, misalnya, orang memakai lampu listrik. Untuk memasak, ibu-ibu akan merasa lebih mudah bila memakai penanak nasi elektrik (rice cooker) atau kompor listrik. 

Untuk menyetrika pakaian, dipakai setrika listrik. Untuk mencuci pakaian, dipakai mesin cuci. Selain itu, untuk menyimpan daging, sayuran mentah, atau materi masakan lain biar tahan lama, dipakai kulkas. 

Untuk mendapat air dingin, hangat, atau gerah, dipakai dispenser. Untuk keperluan hiburan dan
informasi, dipakai radio, televisi, atau tape recorder yang tentu saja dinyalakan memakai energi listrik. Apakah telepon rumah atau telepon genggam (handphone) Anda memakai energi listrik?
 memanfaatkan energi listrik dalam kehidupan sehari hari Kegunaan dan Pemanfaatan Energi Listrik Dalam Kehidupan Manusia Sehari-Hari
Untuk menghasilkan suatu produk, pabrik-pabrik garmen banyak memakai energi listrik untuk menggerakkan mesin-mesin produksi.

Untuk manajemen perkantoran, ibarat komputer ialah bab yang tak terpisahkan sehingga energi listrik dibutuhkan di sini. 

Demikian pula di pusat-pusat bisnis lainnya, bahkan di sekolah Anda sekalipun. Pada intinya, berbagai di sekitar Anda peralatan-peralatan yang memakai energi listrik, baik yang berasal dari sumber DC maupun AC. 

Di Indonesia, khususnya, masih banyak daerah-daerah yang belum tersentuh memanfaatkan energi listrik, terutama untuk penerangan. 

Oleh alasannya yaitu itu, ke depan, perlu dipikirkan sumber-sumber pembangkit energi listrik. Dewasa ini, sumber pembangkit energi listrik di Indonesia umumnya berasal dari materi bakar minyak (BBM). 

BBM ini ialah materi bakar utama mesin pengerak generator. Selain BBM, sumber energi listrik lainnya dibangkitkan oleh air, yakni Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). 

Sebenarnya masih banyak potensi kekayaan alam Indonesia untuk dijadikan sumber energi listrik. Energi gerah bumi, energi matahari, bahkan energi nuklir ialah potensi yang perlu dikembangkan sebagai pembangkit energi listrik.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Kegunaan Dan Pemanfaatan Energi Listrik Dalam Kehidupan Insan Sehari-Hari"