Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Ejaan Bahasa Indonesia

Ejaan – Dalam suatu bahasa ejaan tentu sangat besar lengan berkuasa terhadap penulisan, saking pentingnya ejaan juga merupakan bab terpenting dari tata kepenulisan untuk menghasilkan bahasa yang tepat dalam mengucapkannya maupun membacanya. Dalam hal ini satubahasa ingin menunjukkan sekilas sejarah dan juga pengertian wacana ejaan itu sendiri, bagaimana awal mula ejaan itu ditemukan dan bagaimana perkembangannya hingga hingga dikala ini. Untuk lebih jelasnya anda sanggup membacanya di bawah ini.

Ejaan

Ejaan ialah keseluruhan peraturan wacana pelambangan suara ujaran dan relasi antarlambang pemisah dan penggabungannya dalam suatu bahasa. Ejaan mencakup penulisan huruf, penulisan kata dan pemakaian tanda baca.

 Dalam suatu bahasa ejaan tentu sangat besar lengan berkuasa terhadap penulisan Pengertian Ejaan Bahasa Indonesia
Pengertian dan Penjelasan Tentang Ejaan dalam Bahasa Indonesia

Sejarah Ejaan dalam Bahasa Indonesia

Pada tahun 1901 mulai berlaku ejaan yang pertama, yaitu Ejaan Van Ophuysen. Ejaan ini digunanakan pada masa penjajahan Belanda hingga dengan tahun 1947. Kemudian pada tahun 1972 melalui surat keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan tertanggal 20 Mei 1972, No.03/A.I/72 mulai diresmikan Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD) yang berlaku semenjak 17 Agustus 1972.

Tujuan Diadakannya Penyempurnaan Ejaan Bahasa Indonesia

Tujuan diadakannya penyempurnaan ejaan dalam Bahasa Indonesia yakni diantaranya sebagai berikut:
-    Untuk menyesuaikan ejaan dalam perkembangan Bahasa Indonesia
-    Untuk menertibkan dalam penulisan abjad dan tanda baca.
-    Membakukan Bahasa Indonesia secara menyeluruh.
-    Untuk mendorong pengembangan Bahasa Indonesia.

Itulah sejarah dari ejaan dalam Bahasa Indonesia dan bagaimana adanya suatu perjuangan untuk menyempurnakannya juga, biar dengan adanya sejarah singkat serta klarifikasi singkat ini sanggup memberi anda wacana pengetahuan dalam Bahasa Indonesia khususnya Ejaan Yang Disermpurnakan yang lengkap dengan sejarahnya.


Sumber http://www.satubahasa.com

Post a Comment for "Pengertian Ejaan Bahasa Indonesia"