Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghitung Harga Dan Jumlah Keseimbangan Dengan Benar

Sesudah dibahas wacana pengertian harga keseimbangan dan jumlah keseimbangan, maka dalam post ini akan dibahas wacana cara menghitung harga dan jumlah keseimbangan. Untuk menghitung harga dan jumlah keseimbangan berdasarkan fungsi undangan dan fungsi penawaran maka sanggup memakai rumus syarat keseimbangan, yaitu sebagai diberikut:

Qd = Qs atau Pd =Ps

Keterangan:
Qd = jumlah yang diminta
Pd = harga yang diminta
Qs = jumlah yang ditawarkan
Ps = harga yang ditawarkan


Berdasarkan rumus diatas maka terlihat ada dua buah rumus yang pertama Qd = Qs dan yang kedua Pd = Ps, kemudian kapan kita gunakan rumus yang pertama kapan kita memakai rumus yang kedua? Kita sanggup memakai rumus yang pertama kalau dalam soal fungsi yang diketahui dalam bentuk Q = ..., sedangkan kita memakai rumus yang kedua dikala dalam soal diketahui dalam bentuk P = ...,Agar lebih memahami langkah dalam menghitung harga dan jumlah keseimbangan maka dibawah ini didiberikan beberapa teladan soal dan pembahasanya, silahkan pahami klarifikasi diberikut ini:

pengertian harga keseimbangan dan jumlah keseimbangan CARA MENGHITUNG HARGA DAN JUMLAH KESEIMBANGAN DENGAN BENAR

misal pertama:
Diketahui fungsi undangan Qd = 40 – P dan fungsi penawaran Qs = 4P –50. Tentukanlah berapa harga dan jumlah keseimbangan!

Jawab: Syarat keseimbangan ialah Qd = Qs
         Qd =  Qs
     40 – P =  4P – 50
   - P – 4P =  -50 – 40
       - 5P =  -90
          P =  -90 : -5   
          P = 18

Diperoleh harga keseimbangan (P) = 18. Untuk mencari jumlah keseimbangan (Q) kita harus memasukkan harga keseimbangan sebesar 18 ke salah satu fungsi di atas boleh memasukan ke dalam fungsi undangan boleh memasukan ke dalam fungsi penawaran.

         Q = 40 – P
         Q = 40 – 18
         Q = 22

Berdasarkan perhitungan di atas maka didapat jumlah keseimbangan sebesar 22.


misal kedua:
Diketahui:
Fungsi undangan Pd = –2Q + 150 dan fungsi penawaran Ps = Q + 60. Tentukanlah harga dan jumlah keseimbangannya!

Jawab:
Syarat keseimbangan ialah Pd = Ps
        Pd = Ps
 –2Q + 150 = Q + 60
 –2Q – Q   = 60 – 150
       –3Q = – 90
         Q = 30

Diperoleh jumlah keseimbangan sebesar 30. Untuk mencari harga keseimbangan, maka kita harus memasukan jumlah keseimbangan yang sudah ditemukan yaitu sebesar 30 ke dalam salah satu fungsi, boleh undangan maupun fungsi penawaran, pilihlah yang berdasarkan anda gampang.

        P = Q + 60
        P = 30 – 60
        P = 90

Maka diperoleh harga keseimbangan sebesar 90.

KESIMPULAN:
Dalam menghitung harga dan jumlah keseimbangan maka kita harus memakai rumus syarat keseimbangan Qd = Qs atau Pd = Ps. Kita sanggup memakai salah satu syarat keseimbangan dalam menghitung harga dan jumlah keseimbangan pilihlah salah satu syarat sesuai dengan data yang diketahui dalam soal. Semoga pembahasan yang sedikit ini membawa manfaat bagi penulis dan bagi saudara. Sesudah menguasai pembahasan ini dengan baik maka dimasukankan kepada saudara untuk memahami cara menggambar kurva keseimbangan dengan benar.
Sumber http://www.ekonomikontekstual.com

Post a Comment for "Cara Menghitung Harga Dan Jumlah Keseimbangan Dengan Benar"