Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan Wacana Sifat Plastis Tanah Liat?

Sifat-sifat Umum Tanah Liat
Pembentukan benda keramik dengan banyak sekali kemetodean membutuhkan tanah liat yang harus mempunyai sifat-sifat yang dipersyaratkan lantaran akan sangat kuat pada waktu prosespembentukan dan pada hasil akhir. Keberhasilan atau kegagalan dalam membuat benda keramik akan tergantung pada bagaimanamelakukan proses tersebut diatas. Agar tanah liat sanggup digunakan  untuk membentuk benda keramik maka syarat-syarat sifat diberikut in mutlak dipenuhi:

a. Sifat Plastis
Sifat plastis atau plastisitas tanah liat ialah kualitas korelasi antara partikel tanah liat yang ditentukan oleh kandungan mineral dan kehalusan butiran tanah liat. Plastisitas berfungsi sebagai pengikat dalam proses pembentukan sehingga benda yang dibuat tidak mengalami keretakan/pecah atau berubah bentuk. Sifat plastis ini ialah persyaratan utama yang harus dipenuhi. Dua partikel berbentuk lembaran yang bersebelahan akan saling menempel tepat ketika dilumasi dengan air dan mempersembahkan kualitas tanah liat yang plastis danmemiliki kekuatan. Karena struktur partikel tanah liat yang berupalembaran segi enam saling bertumpuk membentuk susunanseperti kerikil bata maka sukar untuk mengalami keretakan, haltersebut ibarat ditunjukkan dalam gambar di bawah.Apabilatanah liat tidak cukup plastis sesuai tingkat keplastisan yangdipersyaratkan maka tanah liat harus ditambah dengan bahanbaspesialuntukng plastis.

Plastisitas tanah liat dipengaruhi oleh:
1) kehalusan partikel tanah liat
2) bentuk partikel tanah liat
3) zat organik (sisa tumbuhan dan binatang)
4) jumlah air
5) struktur (susunan partikel) tanah liat
6) jenis tanah liat
Beberapa jenis tanah liat yang murni dan alami, ibarat tanah stonewaredapat pribadi digunakan.Beberapa jenis tanah merah earthenwarejuga sanggup pribadi dipakai lantaran mempunyai sifat sebaik tanah stoneware.Ball clay biasanya terlalu plastis sehingga tidak simpel dikeringkan dan dibakar tanpa berubah bentuknya, sedangkan kaolin cukup susah untuk dibuat lantaran terlalu “short”, yaitu simpel berubah bentuk tidak kuat menahan beban berat badannya sendiri.


Sifat plastis pada tanah liat disebabkan antara lain oleh:
1) Daya kohesi partikel-partikel tanah liat yang sangat halus dan bermuatan listrik (-) 
     dan (+) sehingga satu sama lain salingmengikat.
2) Kandungan air plastisitas, kalau dilihat dengan alat mikroskop melalui perbemasukan 50.000 kali struktur partikel tanah liat berbentuk lempengan pipih yang mempunyai permukaan datar. Setiap lempengan dilapisi air yang sangat tipis ibarat film. Fungsi air pelapis partikel yakni melicinkan permukaan lempengan-lempengan sehingga satu sama lain sanggup saling menggelincir khususnya pada ketika tanah liat dibuat atau menerima tekanan dan mengikat partikel-partikel secara gotong royong dan membentuk massa tanah liat yang padat.



Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Jelaskan Wacana Sifat Plastis Tanah Liat?"