Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Kelompok Besar (Big Group) Dan Kelompok Kecil (Small Group) Pada Pembagian Terstruktur Mengenai Kelompok Sosial Teratur

Kali ini kita akan mengulas terkena kelompok sosial, kelompok sosial teratur, big group, kelompok kecil, small group, pengertian kelompok besar, pengertian kelompok kecil, kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.


Pengertian Kelompok Besar (Big Group) dan Kelompok Kecil (Small Group)

Besar kecilnya suatu kelompok ditentukan oleh kriteria tugastugas sosial dan jumlah anggotanya. Suatu kelompok disebut besar apabila bobot kiprah yang ditangani atau tugas-tugas sosial yang dilaksanakan nya penting dan universal. 

Tugas-tugas tersebut mencakup beberapa aspek pemenuhan kebutuhan dasar guna mempertahankan kehidupan masyarakat. 
Kelompok besar (Big Group) ialah kelompok yang mempunyai jumlah anggota relatif besar dan biasanya terbentuk dari beberapa kelompok kecil yang masing-masing kelompok menangani kiprah tertentu. 
Kebutuhan sosial yang dinilai umum sebagai kebutuhan dasar harus selalu ada dalam setiap masyarakat, yaitu ekonomi, politik, pendidikan, keagamaan, kesenian, dan sebagainya. 
Kelompok kecil (Small Group) adalah kelompok yang jumlah anggotanya relatif kecil (paling sedikit dua orang) dan dibuat atas dasar kebutuhan atau kepentingan kecil dan spesifik. 
Kelompok-kelompok kecil selalu timbul atau niscaya akan timbul di dalam kelompok yang lebih besar dan luas. Hal ini terjadi lantaran insan mempunyai kepentingan yang tidak sama. 

Manusia memerlukan menolongan dan derma dari sesamanya. Manusia mempunyai kemampuan yang terbatas dan sebagainya. Keadaan yang demikian menjadikan timbulnya kelompok kecil (small group). 

misalnya, kelompok berguru dan kelompok diskusi ialah kelompok kecil dari suatu kelompok pendidikan (sekolah). 

Kelompok kecil mempunyai peranan yang sangat penting bagi kelompok besar lantaran mempunyai beberapa alasan, yaitu sebagai diberikut.
  1. Kelompok kecil mempunyai efek yang sangat besar terhadap masyarakat dan sikap setiap individu. Kelompok kecil, dimana seseorang menjadi anggota, tidak saja ialah sumber simpati, tetapi juga sebagai sumber ketegangan, tekanan, dan kekecewaan.
  2. Dalam kelompok kecil, pertemuan antara kepentingan sosial dengan kepentingan individu berlangsung secara tajam dan jelas.
  3. Kelompok kecil pada hakikatnya ialah sel yang menggerakkan suatu organisme yang dinamakan masyarakat.
  4. Kelompok-kelompok kecil ialah bentuk khusus dalam kerangka sosial secara keseluruhan. Kelompok kecil seperti miniatur masyarakat yang mempunyai pertolongan kerja, arahan etik, pemerintahan, prestise, ideologi, dan sebagainya.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Pengertian Kelompok Besar (Big Group) Dan Kelompok Kecil (Small Group) Pada Pembagian Terstruktur Mengenai Kelompok Sosial Teratur"