Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Gampang Untuk Mengawali Pidato

Cara Mengawali Pidato - Sobat pastinya sudah mengerti bahwa lancar atau tidaknya berpidato banyak ditentukan pada awal pidato. Untuk itu pada kesempatan kali ini Satu Bahasa akan memperlihatkan kiat-kiat bagaimana cara mengawali pidato yang baik dan menarik perhatian para hadirin.

Banyak yang gugup dikala mengawali pidato di atas panggung, namun bersama-sama kita sanggup mengatasi hal-hal yang menciptakan kita gugup tersebut lho.. baiklah  di bawah ini kami sudah menuliskan cara-cara mengawali pidato yang baik dan benar.

Berikut ini ialah cara mengawali pidato yang baik dan benar :

Awali Pidato dengan Rasa Syukur 

Contoh:
Dalam kesempatan ini saya ucapkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Pengasih yang telah memperlihatkan nikmat berupa kesehatan bagi kita sehingga pada kesempatan ini kita sanggup hadir berkumpul di sini...

Awali Pidato dengan Cerita Unik

Contoh:
Sebelumnya saya ingin menceritakan sebuah pengalaman pribadi, kemarin saya diajak oleh Ayah saya kesebuah festival komputer. Wah. Ternyata di festival tersebut saya mendapat aneka macam informasi mengenai perkembangan internet... Dan seterusnya.

 Sobat pastinya sudah mengerti bahwa lancar atau tidaknya berpidato banyak ditentukan pada 6 Cara Praktis Untuk Mengawali Pidato

Awali Pidato dengan Cerita yang Umum Dikenal

Contoh:
Ada seorang anak yang disuruh menggembalakan ternak. Anak ini amat dekil dan kurus. Tiba-tiba, datanglah seorang saudagar kaya yang berniat membeli semua binatang ternaknya. Saudagar itu memaksa anak itu untuk menjual binatang ternaknya kepada saudagar tersebut. Tetapi si anak tidak mau menjualnya sebab binatang ternak itu bukanlah miliknya. Kata si anak: “ini binatang titipan, mana mungkin saya menjualnya kepada orang lain” - “ah, orang yang menitipkan binatang ternak itu tidak akan tahu” goda sang saudagar. “saya tetap tidak berniat untuk menjual binatang ternak ini kepada saudara, sebab ini bukan milik saya” tegas anak dekil tersebut. Saudagar itu pun berlalu dengan rasa kecewa. Hadirin yang berbahagia, walau anak ini hanyalah seorang penggembala dan kurus kering, akan tetapi ia mempunyai hati emas. Dia sangat jujur..... (Dan seterusnya)

Awali Pidato dengan Cerita Lucu

Contoh:
Alkisah, ada seorang guru bertanya kepada muridnya : “apa nama ibu kota negara peru?”
Lalu sang murid menjawab: “Lima, Bu..”
Lalu tiba-tiba dibarisan kursi belakang ada seorang murid yang menyeletuk : “Wah, banyak juga ya ibu kotanya!”
Dari dongeng tersebut terkadang hadirin masih ada yang belum mengenal dengan ibu kota negara tersebut.

Awali Pidato dengan Perkenalan Diri

Contoh:
Perkenalkan, nama saya Dodit, saya berasal dari Blitar. Jika teman-teman tahu, Kota Blitar dikenal sebagai kota yang kreatif. Disana banyak seniman hingga makanan yang selalu sangat beragam.semua itu ialah hasil kreatifitas. Kreatifitas adalah... (dan seterusnya).

Awali Pidato dengan Gambaran Umum

Contoh:
Belajar ialah aktivitas untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Belajar ini berlangsung seumur hidup. Belajar tidak harus dilakukan di sekolah, tetapi sanggup dilakukan dimana saja. Belajar juga tidak mengenal usia. Belajar tidak hanya dilakukan bawah umur dan remaja, tetapi juga sanggup dilakukan oleh orang tua. (dan seterusnya)

Baiklah itu tadi ialah tips cara mengawali pidato yang sanggup sobat semua jalankan untuk lebih memikat para hadirin  dengan pidato yang sobat sanggup menuliskannya di awalan pidato.
Semoga bermanfaat untuk sahabat yang sedang berlatih pidato. tetap semangat dan berlatihlah!


Sumber http://www.satubahasa.com

Post a Comment for "6 Cara Gampang Untuk Mengawali Pidato"