Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebutkan Apa Saja Alat Dan Materi Tata Rias Dasar?

Pengetahuan materi dan peralatan tata rias sangat penting bagi seorang penata rias. Pengetahuan materi dan peralatan menjadi dasar untuk menentukan materi dan alat yang sesuai dengan kebutuhan. Perkembangan zaman dan teknologi membawa konsekuensi pada teknologi materi dan peralatan tata rias. Hampir setiap tahun materi kosmetik diproduksi dengan banyak sekali jenis dan kualitas yang beragam.Peralatan tata rias sangat bermacam-macam tergantung kegunaan.Beberapa mempunyai fungsi yang sangat khusus untuk merias bab yang sangat khusus menyerupai alis, bulu mata, dan lain sebagainya. melaluiataubersamaini mengenal peralatan tata rias maka kesalahan penerapan alat sanggup diminimalisir. Sering terjadi pada penata rias amatir, yang sembanrangan mempergunakan peralatan tata rias, sehingga menyebabkan alat simpel rusak atau tidak sanggup digunakan dengan baik. Peralatan dasar penata rias adalah:

a. Sikat alis
Sikat alis mempunyai bentuk ganda. Pada satu sisi berbentuk sisir kecil dan sisi lain yaitu sikat yang berbentuk menyerupai sikat gigi. Fungsinya untuk merapikan alis, baik sebelum dan setelah pemakaian pencil alis dan shadow.

b. Sikat bulu mata
Sikat bulu mata yaitu sikat dengan bulu-bulu yang ditata melingkar menyerupai spiral. Sikat ini mempunyai huruf bulu sikat yang kasar. Fungsinya untuk memmembersihkankan bulu mata dan menyempurnakan maskara yang tidak rata.

c. Kuas alis
Kuas alis berbulu halus atau kasar. Ujung kuas dipotong menyerong atau diagonal. Kuas ini digunakan untuk membaurkan pensil alis atau eye shadow yang sudah diaplikasikan sehingga terlihat rapi dan natural.


d. Kuas eye liner
Kuas eye liner ada dua macam. Pertama, kuas dengan bulu-bulu halus, agak panjang dan ramping. Kuas eye linerberfungsi untuk melukis garis mata. Melukis garis mata bisamemakai eye shadow atau eye liner cair. Apabila menggunakanbahan eye shadow, kuas dalam keadaan basah. Sebaliknya jika menggunakan materi eye liner cair, kuas dalam keadaan kering. Kedua, kuas dengan bulu-bulu halus, ujung bulat dan bulu agak tebal. Kuas ini berfungsi menyempurnakan dan memadukan eye liner dengan pencil mata.

e. Kuas bibir
Kuas bibir berukuran sedang dengan bulu lembut dan berujung lancip. Digunakan untuk mengaplikasikan pewarna bibir dan lip gloss.

f. Kuas concealer
Kuas concealer mempunyai ukuran bervariasi. Kuas ini digunakan unuk mengaplikasikan concealer pada noda yang terdapat di wajah. Kuas yang berukuran kecil digunakan untuk menjangkau sudut-sudut wajah, menyerupai sudut mata.

g. Kuas eye shadow
Kuas eye shadow terdiri dari dua jenis, pertama, berbentuk pipih, berujung tipis, dengan bulu lembut. Fungsinya sebagai pembentuk garis (ujung kuas pada posisi mendatar), untuk mengisi, dan pembaur warna (ujung kuas dalam posisi berdiri). Kedua, kuas berbulu tebal, lembut, dan ujung bulat. Kuas ini digunakan unukmemmenolong menyempurnakan sapuan gradasi warna eye shadow.Pengaplikasian tidak memerlukan satu titik berat. Fungsi lain kuas ini yaitu untuk membentuk dan menghaluskan bayangan hidung. Kuas ini terdiri atas banyak sekali ukuran. Ukuran kecil digunakan sebagai aplikator pada tempat yang membutuhkan titik berat atau membentuk garis, contohnya pada sudut mata atau tepian kelopak mata. Kuas besar untuk membentuk highlight. Pada prinsipnya makin ke atas ukuran kuas yang digunakan, makin besar. Untuk warna lebih pekat, kuas sanggup digunakan dalam keadaan basah.

h. Kuas kipas
Kuas kipas berbentuk pipih dan melebar menyerupai kipas.
Terbuat dari bulu yang sangat halus. Kuas ini digunakan untuk
memmembersihkankan serpihan kosmetik yang mengotori wajah. sebagai aplikator pada tempat yang membutuhkan titik berat atau membentuk garis, contohnya pada sudut mata atau tepian kelopak mata. Kuas besar untuk membentuk highlight. Pada prinsipnya makin ke atas ukuran kuas yang digunakan, makin besar. Untukwarna lebih pekat, kuas sanggup digunakan dalam keadaan basah.

 
h. Kuas kipas
Kuas kipas berbentuk pipih dan melebar menyerupai kipas. Terbuat dari bulu yang sangat halus. Kuas ini digunakan untuk memmembersihkankan serpihan kosmetik yang mengotori wajah.

 
i. Kuas shading
Kuas shading mempunyai bulu lembut, tebal, dan ujungnya dibuat serong. Digunakan untuk aplikasi metode shading pada  bab wajah yang bersudut, menyerupai hidung atau rahang

j. Kuas blush on
Kuas blush on (blush brush) mempunyai gagang langsing dengan bulu lembut dan agak tebal. bekerja sebagaimana mestinya untuk mengaplikasikan blush on pada pipi atau bab wajah lain.

k. Kuas powder
Kuas powder bergagang besar dengan bulu lembut dan gemuk. Kuas ini digunakan untuk mengaplikasikan losse powder. Bisa juga digunakan untuk finishing yaitu menyatukan materi rias semoga terpadu lebih sempurna.

l. Velour powder puff
Velour powder puff terbuat dari materi sejenis beludru yang lembut. Berbentuk bulat dan tersedia dalam dua ukuran, yaitu besar dan kecil. Besar untuk mengaplikasikan bedak tabur dan kecil  untuk bedak padat pada wajah.

m. Spon wajik
Spon wajik berbentuk segi tiga. Terbuat dari materi latex Digunakan untuk meratakan conceleor atau foundation pada bagianwajah yang susah dijangkau, menyerupai bab bawah mata, sudut mata, dan hidung.

n. Spon bundar
Spon bulat terbuat dari materi latex mempunyai sifat tidak menyerap. Fungsi spon bulat yaitu untuk mengaplikasikan foundation.

o. Aplikator berujung spon
Aplikator dengan bab ujung terbuat dari spon digunakan untuk mengaplikasikan eye shadow. Tata rias biasanyamenggunakan beberapa warna eye shadow. Idealnya setiap warna menggunakan satu aplikator, sehingga warna tidak kotor.

p. Pinset
Pinset terbuat dari logam dengan ujung pipih. Pinset berfungsi untuk mencabut bulu alis. Pinset juga sanggup dimanfaatkanuntuk mengaplikasikan bulu mata tiruan.

q. Gunting
Gunting idealnya tersedia dalam banyak sekali ukuran, setidaknya tersedia gunting kecil, baik gunting biasa, maupun gunting potong. Gunting potong rambut sanggup dimanfaatkan untuk merapikan alis, kumis, dan jenggot. Gunting potong rambut bermanfaa pula untuk mengaplikasikan kumis dan jenggot tiruan.

r. Pencukur alis
Alat pencukur alis berupa pisau kecil yang bergerigi. Alat ini mempunyai kegunaan untuk membentuk alis.

s. Penjepit bulu mata
Penjepit bulu mata terbuat dari logam. Bergagang menyerupai gunting dengan ujung melengkung menyerupai bulu mata. Fungsinya untuk melentikkan bulu mata.

Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Sebutkan Apa Saja Alat Dan Materi Tata Rias Dasar?"