Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Saja Unsur Konstitutif Negara?

 Unsur konstitutif negara
Unsur konstitutif ialah unsur pembentuk yang mutlak ada untuk terjadinya negara, Unsur konstitutif negara mencakup beberapa aspek wilayah yang mencakup rakyat atau masyarakat, darat, udara, perairan, serta pemerintahan yang berdaulat. Jika masih mempunyai dilema dengan salah satu unsur konstitutifnya, suatu negara akan kesusahan dalam menyelenggarakan kehidupannya. Misalnya, Palestina masih menemui dilema berkaitan dengan wilayah negaranya yang masih menjadi sengketa dengan Israel meskipun Palestina sudah mempunyai rakyat dan pemerintahan. Bangsa Eskimo yang berada di kutub utara tidak sanggup dikatakan sebagai negara alasannya ialah tidak mempunyai pemerintahan. Hal-hal yang termasuk unsur konstitutif ialah sebagai diberikut.

a) Wilayah tertentu
Wilayah ialah bab tertentu dari permukaan bumi di mana penduduk  suatu negara bertempat tinggal secara tetap. Dalam kaitannya dengan aturan negara, wilayah disebut juga sebagai tempat teritorial, yaitu tempat di mana aturan negara itu berlaku. Wilayah ialah salah satu unsuryang sangat penting bagi keberadaan suatu negara. Kekuasaan negarameliputi beberapa aspek seluruh wilayah yang dimilikinya, tidak spesialuntuk tanah, tetapi maritim di sekelilingnya dan udara atau angkasa di atasnya.

b) Penduduk yang menetap
Menurut Austin Renney, penduduk suatu negara digolongkan menjadi dua, yaitu masyarakat negara dan orang asing. Warga negara ialah orangorangyang mempunyai kedudukan resmi sebagai anggota penuh suatunegara. Mereka mempersembahkan kesetiaannya kepada negara itu, menerimaperlindungan darinya, dan menikmati hak untuk ikut serta dalam prosespolitik. Sementara, orang gila ialah masyarakat negara lain yang dengan izin pemerintah setempat menetap di negara yang bersangkutan. Perbedaan lainnya, setiap masyarakat negara mempunyai kekerabatan yang tidak terputusdengan negaranya, meskipun yang bersangkutan sudah berdomisili di luarnegeri selama ia tidak memutuskan kewargguagaraannya. Di lain pihak, orang gila spesialuntuk mempunyai kekerabatan dengan negara di mana ia tinggalsejauh ia masih bertempat tinggal di wilayah negara tersebut.

c) Kedaulatan
Kedaulatan ialah kekuasaan yangtertinggi dalam suatu negara untukmenciptakan suatu undang-undang serta melaksanakannya dengan tiruana cara yangtersedia, termasuk dengan paksaan.Negara mempunyai kekuasaan untukmemaksa penduduknya biar menaatiundang-undang serta peraturan pelaksanalainnya. Negara mempunyai kekuasaantertinggi pula untuk mempertahankankemerdekaannya terhadap serangan darinegara lain serta mempertahankankedaulatan ke luar. Untuk itu, negaramenuntut loyalitas yang mutlak dari wargguagaranya.

d) Pemerintah yang berdaulat
Setiap negara mempunyai pemerintah yang berwenang untukmerumuskan serta melakukan aneka macam keputusan yang mengikatseluruh penduduk di dalam wilayahnya. Pemerintah ialah sekelompokmanusia serta forum yang membuat serta melakukan aturan-aturanbagi masyarakat tertentu. Pemerintah ialah forum yang tertua sertauniversal. Setiap komunitas, walau sederhana sekalipun, lazimnya mempunyai forum pengatur bagi komunitas itu sendiri. Pemerintah suatu negara berkedaulatan ke luar serta ke dalam. Berdaulat ke luar artinya mempunyai kedudukan yang sederajat dengan negara-negara lain sehingga bebas dari campur tangan negara lain. Berdaulat ke dalam artinya berwibawa, berwenang memilih dan menegakkan aturan atas masyarakat serta wilayah negaranya.
Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Apa Saja Unsur Konstitutif Negara?"