Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Kebijakan Publik Berdasarkan Para Ahli

Pada peluang ini kita akan mengulas ihwal kebijakan publik, pengertian kebijakan publik, pengertian kebijakan publik berdasarkan para ahli.

Istilah kebijakan publik (public policy) berasal dari kata kebijakan dan publik. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kebijakan ialah rangkaian konsep dan asas yang menjadi dasar rencana pelaksanaan suatu pekerjaan, kepemimpinan, dan cara bertindak. 

Biasanya kebijakan berkaitan dengan pemerintahan, organisasi, atau lembaga. misal kebijakan publik: aktivitas kerja organisasi, peraturan-peraturan baik undang-undang atau perda, dan sebagainya. 

Publik artinya orang banyak atau masyarakat umum dari banyak sekali kalangan yang tidak dibatasai oleh profesi dan status sosial ekonomi. 
Apabila disingkat kebijakan publik diartikan sebagai konsep dasar rencana pemerintah atau organisasi publik yang dipakai untuk mengatur kepentingan umum atau orang banyak.
Untuk memahami arti kebijakan publik sanggup kita simak pendapat-pendapat para pakar yaitu:

a. Dey

Kebijakan publik ialah apapun yang pemerintah pilih untuk melaksanakan atau tidak melakukan.

b. Edwar III

Kebijakan publik ialah apa yang pemerintah katakan dan dilakukan atau tidak dilakukan. Kebijakan ialah serangkaian tujuan dan samasukan dari program-program pemerintah.

c. Kartasasmita

Kebijakan publik ialah upaya untuk memahami dan mengartikan (1) apa yang dilakukan atau tidak dilakukan oleh pemerintah terkena suatu dilema (2) apa yang menyebabkannya (3) apa pengaruhnya.

d. Anderson

Kebijakan publik ialah serangkaian tindakan yang memiliki tujuan tertentu yang diikuti dan dilaksanakan oleh pelaku atau kelompok pelaku guna memecahkan dilema tertentu.

Kebijakan publik mencakup beberapa aspek hukum, peraturan, perundang-undangan, keputusan dan pelaksanaan yang dibentuk oleh forum legislatif, eksekutif, yudikatif, birokrasi pemerintah, pegawanegeri penegak hukum, dan badan-badan pembuat keputusan publik lain.

Kaprikornus kebijakan publik ditujukan untuk kepentingan masyarakat banyak dan dibentuk oleh forum yang berwenang.

Kebijakan publik yang sudah disahkan oleh forum yang berwenang sesuai dengan tingkat hirarkinya, apakah di tingkat sentra (nasional), provinsi, kota, kabupaten, kecamatan, kelurahan, atau desa tidak akan bermakna jikalau tidak diterapkan dalam kehidupan masyarakat. 

Tujuan penerapan (implementasi) tersebut ialah biar apa-apa yang sudah digariskan sanggup terealisasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Pelaksanaan kebijakan publik di masyarakat melibatkan banyak sekali indikator menyerupai manusia, dana, dan masukana serta pramasukana. 

Untuk itu kebijakan biar berhasil secara efisien dan efektif sebelum proses perumusan dan pengesahannya disosialisasikan lebih lampau kepada masyarakat.

Sosialisasi kebijakan publik tersebut sanggup dilakukan dengan memakai media masa baik elektronik menyerupai internet, TV, email dan radio, maupun cetak menyerupai koran, majalah, sepanduk, dan selebaran.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Pengertian Kebijakan Publik Berdasarkan Para Ahli"